Pusat Pengembangan Karakter dan Layanan Bimbingan dan Konseling (PPKLBK) adalah salah satu pusat studi di bawah naungan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Profesi (LP3), Universitas Negeri Surabaya. Pusat ini merupakan sistem kelembagaan yang berfokus pada penyediaan layanan konseling dan pengembangan karakter untuk komunitas akademik di UNESA. PPKLBK mewakili upaya Unesa untuk memfasilitasi karakter mahasiswa yang berkembang dari perspektif aspek akademik dan non-akademik. Terlepas dari pencapaian utama, PPKLBK juga berkembang untuk memasukkan media dan instrumen, melalui penelitian untuk menjaga kualitas layanan dan memberdayakan karakter mahasiswa secara optimal. Target PPKLBK adalah siswa Unesa yang memiliki masalah dalam studi mereka dan pengembangan potensi diri. 


Saat ini, PPKLBK diketuai oleh Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Psi. dengan sekretaris, Ari Khusumadewi, S.Pd., M.Pd. Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling di Buku Panduan Pelaksanaan Layanan BK 16 Unesa terdiri dari : Tim Bimbingan dan Konseling Unesa (Tim BK Unesa) dan Tim Bimbasi Unesa terdiri dari perwakilan dosen dan mahasiswa yang dipilih Dekan masing-masing Fakultas. Uraian masing-masing tugas dan kewajiban Tim Bimbingan Konseling adalah sebagai berikut : 

Tim BK Unesa :

  1. Memberikan layanan Bimbingan dan Konseling secara individu kepada mahasiswa Unesa.
  2. Memberikan layanan Bimbingan dan Konseling secara kelompok kepada mahasiswa Unesa.
  3. Mengembangkan program kerja layanan bimbingan dan konseling di tingkat Universitas.


   a. Bidang Konseling Online

  1. Memberikan pelayanan terhadap mahasiswa melalui website online
  2. Melakukan penanganan secara preventif maupun kuratif.
  3. Memberikan laporan kepada tim ahli/ tim BK mengenai perkembangan permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa Unesa.
  4. Berkoordinasi dengan 2 bidang lainnya yaitu podcast dan media sosial untuk mengembangkan program-program agar lebih informatif kedepannya. 

   b. Bidang Podcast

  1. Memberikan pelayanan terhadap mahasiswa melalui podcast berupa siaran audio yang dipublikasikan di aplikasi spotify.
  2. Melakukan penanganan secara preventif maupun kuratif.
  3. Memberikan laporan kepada tim ahli/ tim BK mengenai feedback atau respon pada media podcast.
  4. Berkoordinasi dengan 2 bidang lainnya yaitu konseling online dan media sosial untuk mengembangkan program-program agar lebih informatif kedepannya.

   c. Bidang Media Sosial

  1. memberikan pelayanan terhadap mahasiswa melalui informasi atau selayang pandang berupa feed, poster, pamflet, dan lain lain yang dipublikasikan melaui aplikasi Instagram, Website, dan Twitter.
  2. Melakukan penanganan secara preventif maupun kuratif.
  3. Memberikan laporan kepada tim ahli/ tim BK mengenai feedback atau respon pada Platform Online.
  4. Berkoordinasi dengan 2 bidang lainnya yaitu konseling online dan podcast untuk mengembangkan program-program agar lebih informatif kedepannya.



Visi dan Misi
   A. Visi
            Mewujudkan pengembangan karakter dan perkembangan diri yang optimal bagi civitas akademika Universitas Negeri Surabaya

   B. Misi
  1. Memperkuat karakter mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang berhubungan dengan kepemimpinan, ideologi pancasila, anti narkoba, dan anti korupsi melalui kegiatan pelatihan pengembangan karakter.
  2. Menyiapkan panduan pengembangan karakter mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.
  3. Menyelenggarakan layanan Bimbingan dan Konseling bagi civitas akademika Universitas Negeri Surabaya.
  4. Memberikan pelatihan kepada dosen Universitas Negeri Surabaya yang berhubungan dengan kompetensi penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling.
  5. Memberikan pelatihan kepada Mahasiswa (Bimbasi) Universitas Negeri Surabaya yang berhubungan dengan kompetensi penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling.
  6. Mendukung usaha pencapaian Indikator Kinerja Utama universitas dalam peningkatan prestasi mahasiswa.


Program Kerja / Produk Pusat
  1. Instrumen kebutuhan Pengembangan Karakter Mahasiswa. Kegiatan FGD Online Penyusunan Instrumen Pengembangan Karakter Mahasiswa UNESA untuk penyusunan instrumen pengembangan karakter mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh Kapus, Sekpus dan tim adhoc Penguatan Karakter Pusat Pengembangan Karakter dan Bimbingan Konseling LP3 serta menghadirkan narasumber terkait.
  2. Instrumen dan Asesmen Permasalahan Mahasiswa. Kegiatan Workshop Online Penyusunan Instrumen Identifikasi Masalah Mahasiswa untuk pengembangan penyusunan instrumen identifikasi masalah mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh pimpinan LP3, kapus, sekpus dan tim adhoc Penguatan Karakter Pusat Pengembangan Karakter dan Bimbingan Konseling LP3 serta menghadirkan narasumber terkait.
  3. Pengembangan SDM Melalui Pelatihan Mahasiswa. Kegiatan yang membahas mengenai konseling multibudaya, bahasa dalam konseling, supervisi klinis, pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa asing, penguatan karakter melalui pendidikan jasmani dan olahraga, instrumental bimbingan konseling, pengembangan pendidikan karakter, remaja dan kesehatan reproduksi seksual, karakter berprestasi mahasiswa, penguatan spiritualitas di era distruptif, pendidikan karakter bingkai islam, personal branding, bimbingan kelompok berbasis keraifan lokal, psikologi remaja : gaya dan motivasi belajar, dan upaya memeperkuat percaya diri dalam menyelesaikan skripsi melalui bimbingan kelompok.
  4. Pengembangan SDM Melalui Pelatihan Dosen. Kegiatan benchmarking di 2 Universitas yaitu Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Ma Chung Malang, dimana kegiatan ini dilakukan untuk Tim Adhoc meliputi kegiatan pembandingan kinerja terhadap aktivitas atau kegiatan lain yang sejenis secara internal maupun eksternal secara manajerial
  5. Pelatihan Pengembangan Diri dan Optimalisasi Tim BK Untuk Pembimbing Sebaya. Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tim BK & Tim Sebaya Unesa 2021 secara daring yang diikuti oleh Kapus, Sekpus, Tim Adhoc Penguatan Karakter Pusat Pengembangan Karakter dan Bimbingan Konseling LP3, mahasiswa (Bimbasi) serta Dosen BK selingkung UNESA. Pelatihan ini bertujuan memberikan gambaran Tim Sebaya UNESA untuk bimbingan peer group terhadap teman sebaya yang diharapkan memiliki pemahaman yang sama karena berasal dari generasi yang sama.
  6. Pelatihan Pengembangan Diri dan Optimalisasi Tim BK Universitas. Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tim BK & Tim Sebaya Unesa 2021 secara daring untuk memberikan gambaran Dosen BK UNESA untuk memahami anak didik (mahasiswa) yang berbeda generasi dan menyiapkan mental health mereka supaya kelak menjadi generasi yang adaptif dan kreatif.
  7. Penyusunan Instrumen Unesa Student Academic Well-Being. Kegiatan Penyusunan Instrumen UNESA Student Academic Well Being dilaksanakan bertahap secara daring. Penyusunan bersama dilakukan oleh tim Pusat Pengembangan Karakter dan Layanan BK bersama tim Adhoc, dimana fungsi instrumen ini adalah mengukur student academic well being mahasiswa yang memiliki karaktersistik yang valid.
  8. Festival Pengembangan Karakter. Serangkaian lomba yang diadakan Pusat Pengembangan Karakter dan Layanan BK dengan menggandeng beberapa organisasi mahasiswa secara online, baik pengumpulan karya dan technical meeting. juri dan panitia yang dihadirkan secara offline di setiap cabang lomba dimana kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi bakat non akademik mahasiswa UNESA. Kegiatan bersifat Internal dan Eksternal.
  9. Seminar Nasional "Pendidikan Karakter". Kegiatan Pengembangan SDM melalui Pelatihan Mahasiswa dalam rangkan pengembangan karakter secara daring dengan ranah peserta yaitu mahasiswa/ mahasiswi UNESA dan peserta umum meliputi dosen dan guru.
  10. Pembuatan Podcast "Healing". Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan April - November program ini dilaksanakan oleh Tim Podcast dibantu oleh tim lainnya, beberapa tema yang diangkat dimulai dari kecemasan mahasiswa, kehidupan kampus ketika online dan offline, dan isu-isu sensitif yang perlu dibahas di lingkungan  kampus.
  11. Sosialisasi kegiatan PPKBK 2021. Sosialisasi kegiatan ini dilakukan di Instagram, Podcast, dan Website. Tim BIMBASI membantu informasi menyebar mengenai keberadaan P2KBK.
  12. Layanan Konseling. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan April-November, secara online maupun offline, untuk tata cara dijelaskan pada Buku Panduan Pusat Karakter. Kegiatan ini diawali oleh adanya Pelatihan Konseling untuk Tim BIMBASI dan Adhoc.


Website Mandiri Pusat P2KLBK       : http://sobathalu.unesa.ac.id/