Bidang Pembelajaran LP3M Unesa yang terdiri atas tiga pusat masing-masing berperan dalam optimalisasi
penyelenggaraan pembelajaran di Unesa. P3 sebagai pusat yang bertugas mengembangkan pembelajaran
di antaranya meliputi kurikulum, sumber belajar dan penilaian pembelajaran. Di samping itu juga 
mempunyai tugas pada wilayah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan)
yang membekali mahasiswa dengan kegiatan lapangan sesuai dengan tugas profesionalnya.
Selain itu P3 juga bertugas untuk melakukan pengembangan karakter dan layanan Bimbingan dan Konseling yang
akan membekali mahasiswa dan lulusan tentang karakter sebagai pendidik dan yang menjadi marwah Unesa
yakni ”Growing with Character”. Berdasarkan kajian tugas diatas maka berikut akan disajikan rencana pengembangan
peta jalan (rodmap) sebagai berikut :


Road Map Bidang Pembelajaran

Tahun                     2020- 2021                       2022-2023          2024-2025    

_____________________________________________________________________________________ 

Kegiatan             - Restrukturisasi Kurikulum       - Imlementasi Kurikulum MBKM      - Membangun dan  

                               Regular menuju MBKM            - Pengembangan jaringan,daya         mengembangkan                        

                              - Melengkapi Sumber belajar      dukung pembelajaran (PPTI)            kurikulum adaptif

                                (BAM,Vinesa)

                              - Melaksanakan PLP I,II, PLP       - Melaksanakan PLP (1 smtr),          - Melaksanakan  

                              - Menjalin kerjasama dengan       KKN/bentuk lain di luar Prodi          evaluasi kurikulum

                                Sekolah Mitra (DN,SIS)                 PT.                                                        

                              - Menyelenggarakan Kuliah        - Melaksanakan Praktik Industri      - Pembelajaran berbasis 

                                MPK Nasional & Institusional     (1 -2 semester) di luar PT                riset 

                              - Penyelarasan assesmen 

______________________________________________________________________


 Tujuan              -  Mengkaji pelaksanaan pembelajaran yang sudah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar 

                                Di Kampus Merdeka (Unesa)

                            - Penyampaian gagasan ke publik (stakeholder)

                            - Menjamin mutu pelaksanaan pembelajaran 

                            - Optimalisasi laboratorium MBKM

  _______________________________________________________________________

   

Metode               - Focus Grup Discussion (FGD), literatur review, temu ilmiah, study lapangan, survey,  

                              Seminar (webinar), meta analisis

 _______________________________________________________________________


Output                 

                                - Tersusunnya Struktur Kurikulum MBKM Unesa dan Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran 

                              - Tersusunnya pedoman pelaksanaan pembelajaran di laboratorium merdekan belajar

                              - Kebijakan program MBKM Unesa

                              - Modul, Bahan Ajar Matakuliah Daring 

                              - Pedoman Praktik Lapangan Persekolahan Luring, Daring

                              - Pedoman Bimbingan Konseling


_______________________________________________________________________